Selasa, 30 April 2013

KEGIATAN KBIH AISYIYAH BANTUL

KBIH Aisyiyah Bantul mempunyai program intensif  pembimbingan jamaah haji. Yang pertama adalah pra manasik dan manasik haji. Program ini bertujuan untuk memantapkan niat calon haji agar ikhlas lillaahi ta'ala dalam beribadah haji sejak di tanah air. Hal ini dilakukan dengan memberikan pra manasik dimulai  2 tahun sebelum keberangkatan, manasik haji klasikal dimulai  1 tahun sebelum keberangkatan, dan manasik regu di rumah-rumah calon haji selama 10 kali pertemuan sebelum keberangkatan. Kegiatan pra manasik berisi materi pengenalan ibadah haji, umroh dan materi umum lainnya yang bersifat filosofis, kegiatan manasik klasikal menyuguhkan materi ibadah umroh dan haji secara detail, dan manasik regu terkait dengan bimbingan teknis umroh dan haji.

Yang kedua, pembimbingan dan pendampingan jamaah haji dalam beribadah, beramal dan berkehidupan sehari-hari selama di Tanah Suci. KBIH Aisyiyah Insya Alloh terus dan tetap mengirimkan pembimbing di tanah suci dari tahun ke tahun.
Yang ketiga, pembina kemabruran jamaah setelah kembali ke Tanah Air. Kegiatannya adalah dalam bentuk silaturahim dan kajian rutin Alumni Bimbingan Haji Aisyiyah (ALBHA), pemberdayaan haji dalam hal social dan amal usaha ekonomi.
Silaturahim dan kajian rutin ALBHA dilakukan oleh setiap rombongan atau setiap angkatan. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat kekeluargaan, menambah wawasan ilmu keagamaan dan selalu mengingatkan menjaga kemabruran haji.
Pemberdayaan haji ALBHA terkait dengan amal social seperti penyantunan anak yatim piatu, pemberian bantuan kepada PP Asy Syifa Bantul, dan lainnya. Pemberdayaan ini juga terkait dengan pembentukan amal usaha ekonomi produktif, seperti pendirian BMT. Dan masih banyak lagi kegiatan alumni yang sangat menarik dan penuh nilai religious.

Foto: Wakil Bupati Bantul Drs. H.Sumarna PRS menyerahkan bantuan secara simbolis kepada anak yatim piatu di panti asuhan Asy Syifa Bantul.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host