Rabu, 01 Mei 2013

KAJIAN STRATEGIS KBIH AISYIYAH BANTUL

Kajian strategis diselenggarakan KBIH Aisyiyah Bantul setiap seminggu sekali. Grand goal dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada jamaah calon haji KBIH Aisyiyah Bantul. Kajian yang digawangi oleh kader-kader muda KBIH Aisyiyah ini membahas banyak hal, di antaranya manasik haji, pemberdayaan alumni, pembiayaan haji dan umroh, tabungan haji dan umroh. Kajian ini bertempat di gedung Dakwah Muhammadiyah Bantul.

Pada kesempatan Rabu, 1 Mei 2013, jam 18.00 – 20.00 topik kajian ini adalah pemberdayaan Alumni Bimbingan Haji Aisyiyah. Sebagai presenter materi dalam acara tersebut adalah Drs. H. Marsudi Iman, M.Ag.
Dalam paparannya, H. Marsudi Iman mengatakan pembinaan kemabruran haji pada sisi spiritualitas Alumni Bimbingan Haji Aisyiyah sangat penting. Pembinaan kemabruran bisa ditempuh melalui kajian keilmuan, kesejahteraan, kesehatan dan juga pemberdayaan haji. Pembinaan alumni dilakukan dengan berbagai vareasi kegiatan. Dalam bahasa sederhana hal ini dimaksudkan supaya akhirat dapat, dunia juga tidak ketinggalan.
Pertama, membina peningkatan keilmuan dan pengamalan islam Alumni Bimbingan Haji Aisyiyah. Hal ini dilakukan melalui kajian rutin di tingkat rombongan atau lebih. Dan sangat mungkin, dilakukan kajian istimewa pada tingkat angkatan atau lintas angkatan. Materi dari kajian ini bisa hadist Arbain An Nawawi, Riyadush Sholihin, Himpunan Putusan Tarjih dan Kemuhammadiyahan.
Kedua, melaksanakan kegiatan Baitul Arqom Alumni Bimbingan Haji Aisyiyah. Kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan spiritualitas, menjaga kebugaran tubuh teori dan praktik, menguatkan kemuhammadiyahan. Bentuk acaranya adalah kajian keislaman, diskusi, outbond.
Ketiga, usaha meningkatkan kesejahteraan umat. Hal ini bisa melalui pendirian lembaga keuangan syariah, melakukan bakti sosial dan penyantunan.
Keempat, kegiatan penguatan ukuwah Alumni Bimbingan Haji Aisyiyah. Kegiatan bisa berupa Rihlah Nafi’ah (wisata religious).
Kelima, kegiatan menjaga kesehatan dan kebugaran jamaah. Kajian kesehatan, olah raga bersama merupakan acara utama.
Keenam, peningkatan kontribusi Alumni Bimbingan Haji Aisyiyah melalui tabungan umroh, promosi KBIH, penggalangan dana dari alumni.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host