Rabu, 01 Mei 2013

JAMAAH HAJI KBIH AISYIYAH 1434 H

Pada tahun 2013/1434 H ini, KBIH Aisyiyah Bantul membimbing jamaah calon haji sejumlah tidak kurang dari 247 orang. Dengan penuh kesyukuran, jumlah ini melanjutkan tren kenaikan jumlah jamaah KBIH Aisyiyah dari tahun ke tahun.
Pada tahun 2010 jumlah jamaah KBIH Aisyiyah adalah 169 orang. Pada tahun berikutnya naik menjadi 206 orang. Tahun 2012 jumlah jamaah bertambah menjadi 207. Dan pada tahun 2013 ini jumlah jamaah sementara adalah 247 orang.
Dengan jumlah semakin banyak ini menunjukkan bahwa KBIH Aisyiyah menjadi pilihan masyarakat dalam bimbingan ibadah haji. Masyarakat calon haji dari kalangan manapun diijinkan menjadi jamaah KBIH Aisyiyah. Yang secara realitas, memang 75% jamaah KBIH Aisyiyah adalah warga Muhammadiyah.
Jumlah jamaah yang semakin banyak juga mengindikasikan bahwa KBIH Aisyiyah adalah KBIH yang besar dan mempunyai potensi yang besar pula untuk dakwah Muhammadiyah.
Di sisi lain, jumlah jamaah yang besar merupakan tantangan yang tidak enteng bagi pengelola KBIH Aisyiyah. Peningkatan kualitas manajemen, kualitas layanan bimbingan haji pada jamaah, kualitas penggunaan sarana yang lebih modern merupakan beberapa hal yang harus ditangani secara serius 100%.
Dalam hal manajemen, perlu dikembangkan digitalisasi data jamaah, pemanfaatan tekhnologi informatika, refreshing pengelola yang berghirah tinggi.
Dalam hal peningkatan kualitas layanan bimbingan haji, perlu didirikan cabang layanan di 2 atau 3 cabang Muhammadiyah. Sebagai misal, cabang Kretek, Sanden, Srandakan dijadikan 1 layanan di Sanden. Pajangan, Sedayu dijadikan 1 layanan. Sehingga jamaah dari Poncosari tidak perlu jauh-jauh datang ke Bantul untuk mendapatkan layanan Bimbingan haji. Hal ini tentunya perlu dikaji plus minusnya, tetapi paling tidak KBIH Aisyiyah akan lebih dekat dengan warga Muhammadiyah di cabang-cabang.
Penggunaan sarana yang lebih modern perlu dikembangkan. Sarana LCD dengan jumlah memadahi dan kualitas prima, speaker yang bagus, dan sarana lain merupakan contoh penggunaan sarana modern.




0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host