Jumat, 17 Mei 2013

JATI DIRI MUHAMMADIYAH?

Hidup berMuhammadiyah adalah pilihan yang harus dilaksanakan untuk mencari ridho Alloh SWT.  Banyak karakteristik yang menjadi pembeda antara Muhammadiyah dengan yang lainnya.
AN NAAHIYAH AR RUUHIYYAH
(1) Menjaga tajriid fit tauhid, karena inti dalam hidup ini adalah tauhid. Banyak orang  sudah ber-Islam, namun tetap masih dalam “pencarian” jika belum menemukan inti tauhid.  
(2) Memiliki komitment tajriid fil aqidah. Pegangan hati ini bisa dibebaskan dari beragam hal yang mengotorinya, al : takhayyul, khurafat, klenik, pedukunan ; semua merusak iman. 
(3) Memelihara takhlis fil ibadah.Muhammadiyah adalah wadah yang pas untuk mengamal- kan ibadah dalam Islam secara murni; terlepas dari berbagai sikap dan amalan yang bid’ah.
(4) Membersihkan amalan-keduniawian dari sifat dan sikap : riya’, sum’ah, takabbur, ‘ujub; membebaskan beramal karena figur demi menuju kepada semangat beramal secara ikhlas. 
(5) Membebaskan diri dari kultus individu, dengan menegakkan nilai-nilai Islam universal ; antara lain: keadilan ( al-‘adalah ), persamaan ( al-musaawah ), musyawarah ( asy-syuro ). 
AN-NAAHIYAH AL-MAADIYYAH 
(1) Umur panjang Muhammadiyah membuktikan, bahwa Muhammadiyah telah teruji oleh sejarah. Berbagai kondisi / situasi dan gejolak zaman telah dilalui dengan mulus & selamat (2)- Banyaknya Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) bidang Pendidikan, Kesehatan, sosial dan dakwah ; satu bukti bahwa Muhammadiyah dipercaya oleh umat dan rakyat Indonesia. 
(3)- Amal Usaha Muhammadiyah yang tumbuh, berkembang, maju serta mampu mencapai tingkat kematangan ( maturity ) bersifat buttom up itulah bukti bahwa Muhammadiyah telah sukses membangun pemberdayaan masyarakat, berazaskan Islam yang berkemajuan  
(4)- Dukungan umat serta masyarakat kepada AUM Muhammadiyah, membuktikan bahwa Muhammadiyah berhasil membumikan Islam dari langit secara kompatibel, pas mur & baut 
(5)- Banyaknya AUM di bidang Pendidikan, itu membuktikan bahwa Muhammadiyah punya konsistensi dalam langkah-geraknya dan berkomitment dalam cita-perjuangannya disertai keyakinan tinggi. Bahwa peradaban dan kebudayaan hanya bisa diwariskan pada generasi bangsa melalui bidang pendidikan itu. Pikiran besar Muhammadiyah ini menuju aksi yang besar pula. Cita cita Muhammadiyah yang besar terus digarap ever on world never retreat. 
(6)- Banyaknya Harta Wakaf yang ditangani Muhammadiyah itu menjadi pembuktian bahwa Muhammadiyah diyakini amanah-kejujuran nya oleh umat dan masyarakat. Yang dimaksud adalah kejujuran dalam menjaga, memelihara, mengembangkan dan mendaya-gunakannya 
(7)- Semakin pesatnya pertumbuhan dan perkembangan Perguruan Tinggi Muhammadiyah baik : universitas, institut, akademi, pendidikan tinggi, politeknik,  dan lain lain ; semuanya membuktikan bahwa Muhammadiyah menyadari telah menampilkan dirinya dalam sosok tampilan Islam Berkemajuan. Berhidmat untuk mencetak kader-kader bangsa yang mampu memiliki IMTAQ berkualitas, membawa missi Islam yang hadloroh-taqoddum di depannya.   
(8)- Karakter Ke-Islam dan Ke-Indonesiaan Muhammadiyah sudah mendarah mendaging pada kadernya. Setiap ada usaha pihak ideologi lain yang berkeinginan untuk “menerpa” ideologi Muhammadiyah selalu mentok. Betapa pentingnya kapital-karakter ini bagi kader. (9)- Muhammadiyah itu satu-satunya yang terbesar di dunia. Muhammadiyah is the largest modern Islamic Organization in the World. Begitulah penegasan seorang tokoh Prof. Dr. Liddle dari OHIO State University. Muhammadiyah adalah organisasi Islam modern terbesar di dunia. Only Muhammadiyah nothing else. Hanya Muhammadiyah tok dan tidak yang lain. (HM. Asrori Ma'ruf)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host